header-int

Pemindahan Tali Toga Secara Simbolis

Rabu, 11 Sep 2019, 14:16:43 WIB - 1083 View
Share
Pemindahan Tali Toga Secara Simbolis

Pemindahan tali toga sebanyak 390 wisudawan pada acara Rapat Terbuka Senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember dengan cara tunggal wisuda Sarjana ke-XXIII, Magister ke-XVI dan Doktor ke-III pada hari Rabu (28/8) dilakukan Simbolis oleh Rektor IAIN Jember kepada perwakilan setiap fakultas. Bukan tak menuai seruan dari para peserta lainnya, hal ini terjadi pada saat gladi bersih (27/8) panitia mendapat seruan dari para peserta  karena konsepnya berbeda dengan periode sebelumnya, awalnya pemidahan tali toga dilakukan oleh Rektor IAIN Jember lalu dilanjutkan dengan ucapan selamat, namun kali ini berbeda. Setelah dilaksanakan secara simbolis pemindahan tali toga pembawa acara memandu untuk diikuti oleh para wisudawan. Intan, salah satu peserta wisudawan mengatakan bahwa pemindahan tali toga dilakukan sendiri mengurangi kesakralan.

Peserta wisuda mengikuti kirab dari depan gedung rektorat menuju gedung kuliah terpadu dengan khidmat. Menapaki puluhan anak tangga karena tempat prosesi wisuda berada di GKT lantai 3 tidak menjadi alasan untuk mengeluh karena pada hari ini cercahan senyum bahagia terpancar dari 390 keluarga besar yang menyaksikan putra-putrinya mengakhiri masa studinya di kampus hijau tercinta.

Acara dibuka oleh ketua Senat IAIN Jember Prof. Dr. Hj. Titiek Rohanah tepat pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan prosesi wisuda serta pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik dan penulis skripsi terbaik.

Acara kali ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Jember Drs. KH. Muqit Arif yang berkesempatan menyampaikan orasi ilmiah, wakil bupati Jember hadir pada acara wisuda kali ini adalah bentuk kerjasama pemerintah kabupaten Jember dengan IAIN Jember. Disebutkan dalam orasinya bahwa 23% beasiswa yang diberikan pemerintah kabupaten Jember  adalah mahasiswa IAIN Jember dan sisanya beberapa universitas yang ada di Jember.

Terdapat 11 Mahasiswa program studi tadris matematika yang mengikuti wisuda kali ini dengan IPK tertinggi 3.94 dan IPK terendah 3.52. Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan 1 bidang akademik Dr. Mashudi saat pembacaan SK dekan ketua yudisium ke-VIII di ballroom hotel dafam Jember.

Prosesi wisudawan berlangsung selama 4 jam dan diakhiri oleh ketua Senat pada pukul 11.00 WIB. (@aln.red)

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube