header-int

Workshop dalam Rangka Menyongsong Akreditasi UNEJ sebagai Cerminan Akreditasi Tadris Matematika

Minggu, 01 Mar 2020, 12:37:36 WIB - 160 View
Share
Workshop dalam Rangka Menyongsong Akreditasi UNEJ sebagai Cerminan Akreditasi Tadris Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Negeri Jember menggelar workshop dalam rangka menyongsong akreditasi tahun 2020. Workshop tersebut berlangsung pada Jum’at-Sabtu, (18-19/10/2019) yang mana Dr. Swasono Rahardjo, M.Si. salah satu dosen FMIPA UM sebagai pemateri.

Workshop yang diadakan di Universitas Negeri Jember ini bertujuan sebagai forum evaluasi akreditasi program studi tersebut. Yang mana pada workshop ini mengundang segenap alumni prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Negeri Jember dengan berbagai profesi yang berbeda-beda. Guna memperoleh apa saja yang dibutuhkan dari alumni sebagai bahan atau syarat untuk memenuhi kriteria akreditasi yang akan dilaksanakan oleh program studi tersebut.

Dalam kesempatan ini, Fikri Apriyono, M.Pd. selaku sekretaris prodi menanyakan tentang transfer kredit yang mana memungkinkan bagi mahasisa dari IAIN Jember dapat belajar di Universitas Negeri Jember atau bahkan kampus lain. “Pemateri, menanggapi baik pertanyaan saya, tetapi lagi-lagi harus ada MOU (Memorandum of Understanding) antara IAIN dengan kampus yang dituju dan persyaratan lainnya” tutur Fikri.

Beliau juga menambahkan bahwa penilaian akreditasi tahun ini lebih sulit dari tahun-tahun sebelumnya, karena adanya perubahan instrument penilaian. “Jika dulu hanya tujuh kriteria penilaian sekarang bertambah menjadi sembilan kriteria. Jadi hampir seluruh prodi kebingungan, karena harapan kita tahun depan sudah ganti akreditasi” imbuhnya.

Dalam hal ini, beliau mengatakan bahwa untuk menjadi akreditasi B pihak kampus sudah menyiapkan banyak hal. Salah satunya memperbanyak publikasi artikel dari mahasiswa dan dosen. Tetapi tentu saja perlu dukungan dari seluruh elemen prodi. “Salah satu kriteria penilaian itu ada mahasiswa dan alumni. Semakin banyak mahasiswa yang lulus tepat waktu, semakin besar poin akreditasi kita. Dan semakin banyak alumni yang diterima kerja, semakin besar juga poinnya” jelas Fikri. (Nvy.Red)

Unidha Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube