header-int

Sejarah Tadris Matematika

Posted by : Administrator
Share

Sejarah Tadris Matematika


Persiapan pendirian Tadris Matematika telah dilakukan sejak tahun 2010 dengan menghimpun laboratorium-laboratorium ilmu-ilmu dasar di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Jember menjadi pusat layanan untuk keperluan pengajaran praktikum bagi fakultas-fakultas di Institut Agama Islam Negeri Jember. Setelah sarana dan prasarana dianggap mencukupi untuk keperluan pendidikan S1 maka pada tahun 2015 dibuka Program Studi Tadris Matematika, Tadris IPA, Tadris Biologi, dan Tadris IPS di bawah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Tadris Matematika merupakan salah satu program studi dari Fakultas  Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika merupakan bentuk pengembangan dan peningkatan pemantapan status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember beralih menjadi Institut Agama Islam Negeri Jember. Tadris Matematika IAIN Jember adalah salah satu Program Studi baru dan mulai dibuka pada tahun akademik 2015/2016. Berdasarkan SK Pendirian No.5192 Tahun 2014 dengan ketua Program Studi Suwarno M.Pd.

Kompetensi utama lulusan yang diharapkan adalah untuk menghasilkan pendidik pada mata pelajaran matematika di tingkat MTs/SMP dan MA/SMA/SMK yang berkepribadian baik.

Program Tadris Matematika IAIN Jember adalah sebagai satuan penyelenggara pendidikan akademik yakni, pendidikan yang di arahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (UU No. 2 Tahun 1989 BAB IV Pasal 11 Ayat 7). Ini suatu usia yang masih sangat muda dalam kiprahnya didunia pendidikan dibandingkan Program Studi lain yang berada di lingkungan IAIN Jember .

Dari keadaan ini program studi matematika terpacu untuk menyetarakan posisinya dengan jurusan lain, baik yang di dalam maupun di luarnya. Indikasi ini di tunjukkan dengan  semakin banyaknya mahasiswa yang berminat masuk ke program studi matematika dan semakin meningkatnya tenaga pengajar untuk studi lanjut, melakukan penelitian, pengabdian masyarakat serta aktif berpartisipasi mengikuti pelatihan-pelatihan baik ditingkat regional, nasioanal maupun internasional sesuai dengan misi IAIN Jember, maka salah satu syarat untuk mencapai keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tumbuh berkembangnya ilmu-ilmu dasar termasuk matematika yang memiki potensi moral yang tangguh serta berkemampuan untuk menumbuh kembangkan sikap pembelajaran aktif, kreatif dan mandiri sehingga mampu berperan secara optimum dalam kancah perubahan global yang semakin cepat.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Tadris Matematika IAIN Jember Follow Tadris Matematika IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube